PELATIHAN PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DENGAN BERBASIS TIK (E-MODUL SERTA CAMTASIA VIDEO) DI SMAN 2 TANJUNGBALAI

Dian Anggraini Harahap, Wan Nurul Atikah Nasution, Susi Masniari Nasution

Abstract


SMA Negeri 2 Tanjungbalai merupakan salah satu SMA Negeri di Tanjungbalai dari total tujuh SMA Negeri yang ada di Tanjungbalai.  Pengabdian ini dilakukan dengan tujuan agar guru di SMA Negeri 2 Tanjungbalai dapat meningkatkan kompetensi dan penguasaan terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi  agar peserta didik dapat  meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik. Untuk itu dilakukan pelatihan peningkatan kemampuan guru dengan berbasis TIK (e-modul serta camtasia video). Dengan pemberian pelatihan pembuatan e-modul dan video pembelajaran dengan aplikasi camtasia dapat menambah metode/cara penyampaian pembelajaran kepada peserta didik dan dapat di bawa kemana saja dan dipergunakan kapan saja melalui Handphone Android yang dimiliki masing-masing peserta didik setelah dibagikan oleh guru mata pelajaran dengan tujuan hasil belajar siswa dapat meningkat.Adapun hasil yang dicapai yaitu: (1) Pelatihan PKMS dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tanjung Balai yang diikuti oleh guru-guru di SMA tersebut yang berjumlah 44 orang; (2) Peninjauan lokasi dilaksanakan pada saat sebelum penyusunan proposal PKMS; (3) Setelah PKMS disetujui untuk memperoleh dana hibah, tim pengabdian meninjau ulang lokasi dan mengadakan rapat dengan tim sekolah untuk melaksanakan kegiatan PKMS; (4) Mengidentifikasikan dan mempersiapkan hal-hal yang diperlukan dalam pelaksanaan pengabdian, seperti: powerpoint, aplikasi e-modul dan camtasia video, infocus, soundsystem, sertifikat, plakat, ATK, absensi, surat menyurat, konsumsi dan lainnya; (5) Melaksanakan kegiatan PKMS. Adapun rincian kegiatannya: hari ke-1, tim pengabdian sebagai narasumber memberikan materi kemampuan guru berbasis TIK, serta gambaran pembuatan e-modul dan camtasia video, hari ke-2, guru-guru melakukan pembuatan e-modul dan camtasia video berdasarkan bidang studinya masing-masing, hari ke-3, guru-guru mengumpulkan hasil e-modul dan camtasia video, serta pemberian sertifikat peserta dan plakat. Sebagai luaran pengabdian ini adalah video kegiatan yang diupload di youtube, berita di koran Metro Asahan,  jurnal nasional yang ber-ISSN UNA, dan prosiding di seminar nasional, serta peningkatan keterampilan masyarakat (guru). Pengabdian PKMS ini telah dapat dijalankan dengan baik dan tanpa halangan yang berarti. Dengan kerjasama tim pengabdian yang baik dan peran aktif peserta pelatihan dalam kegiatan pengabdian ini maka semuanya telah berjalan sesuai yang diharapkan dan harapannya dapat memberikan manfaat bagi mitra pengabdian masyarakat dalam meningkatkan kemampuan guru dalam proses belajar mengajar menggunakan electronic modul dan camtasia video sehingga minat belajar dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Kata Kunci :  Teknologi Informasi dan Komunikasi, e-Modul, dan Camtasia Video.

Full Text:

PDF

References


Cooper, J.D. (1993). Literacy: Helping Children Construct Meaning. Boston Toronto: Hougton Miffin Company.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Hayat, Bahrul, dan Suhendra Yusuf. (2010). Benchmark Internasional Mutu Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Munir. (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

Nasution, S. (2003). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Suparman, Atwi. (2001). Kawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana UNJ.

Utomo, Tjipto. (1991). Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.