IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN EKONOMI SEBAGAI WUJUD PROGRAM CSR PT PERTAMINA (PERSERO) TBBM PEMATANGSIANTAR

Apriyadi Apriyadi, Nova Yudia Winata

Abstract


Corporate Social Responsibility merupakan suatu komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di lingkungan sekitar perusahaan itu berdiri. Program CSR adalah salah satu wujud Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pencapaian program Bangun Industri Desa dan Pemberdayaan Ekonomi yang dilaksanakan oleh CSR PT. Pertamina TBBM Pematangsiantar dalam mengembangkan potensi lokal melalui Kelompok Susu Kambing Sejahtera, Kelompok Ice Cream Sidorukun, dan Kelompok Usaha Ulos Mulana. Serta mengetahui seberapa besar pengaruh program tersebut bagi peningkatan taraf ekonomi masyarakat penerima manfaat. Dan mengetahui seberapa besar peran pertamina dalam mengimplementasikan program pemberdayaan masyarakat hingga tercapainya kemandirian masyarakat. Program pemberdayaan masyarakat bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan pembangunan ekonomi berbasis potensi lokal. Program ini dijalankan melalui pengembangan potensi lokal yang terdapat pada suatu daerah. Implementasi program pemberdayaan masyarakat memberikan dampak yang positif bagi penerima manfaat yaitu membantu mengatasi kesulitan masyarakat dalam mengakses modal usaha, menunjukkan adanya peningkatan taraf hidup masyarakat, peningkatan kapasitas pengetahuan penerima manfaat dan kemandirian masyarakat dalam berwirausaha.

 

Kata Kunci : CSR, Pemberdayaan Masyarakat, Potensi Lokal.

Full Text:

PDF

References


] Afriadi, Riana, 2008, Mari Belajar Beternak Hewan.,PT. Puri Delco, Bandung.

] Chapra, DR. M. Ume, 2000, Islam dan Pembangunan Ekonomi, Gema Insani Press, Jakarta.

] Mangkuprawita, Dr. Ir. Tb. Sjafri, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik, Ghalia Indonesia, Jakarta Selatan.

] Ramadhan, Devan, 2013, Teknik & Manajemen Usaha Ternak Potensial, Trans Idea Publishing Jogjakarta.

] Rukmana, H. Rahmat, 2015, Wirausaha Ternak Kambing PE Secara Intensif, Lily Publisher, Yogyakarta.

] Sarwono, B., 2012, Beternak Kambing Unggul, Penebar Swadaya, Jakarta.

] Sitepoe, dr. drh. Mangku, 2008, Cara Memelihara Domba dan Kambing Organik, PT. Macanan Jaya Cemerlang, Jakarta.

] Suharto, Edi, Ph.D., 2005, Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, PT Refika Aditama, Bandung.

] Susilo, Eko, 2013, Cara Sukses Memulai dan Menjalankan Usaha Ternak Kambing, Trans Idea Publishing, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.