PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUALUNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BERBICARA DI DEPAN KELAS SISWA PAUD AL MUZAKIR
Abstract
Pengabdian ini akan dilaksanakan di PAUD Al Muzakir Sentang Kabupaten Asahan. Dengan sampel seluruh siswa PAUD Al Muzakir ikut terlibat. Hal yang menjadi masalah pokok sehingga perlu dilakukan pengabdian ini adalah keadaan siswa PAUD yang semakin kesulitan dalam mengembangkan kreativitas berbicara, kesulitan dalam mengemukakan maksud dan tujuan dalam sebuah penceritaan, yang berdampak pada menurunnya semangat dan minat siswa. Hal tersebut pula yang melatarbelakangi siswa bahkan orang tua menganggap kreativitasberbicara adalah hal yang sulit, rumit dan susah, sampai ketahap bosan karena yang mereka kerjakan tidak menemukan solusi. Salah satu faktor yang menjadi sebab masalah tersebut terjadi yaitu belum terciptanya metode pengajaran yang menarik dan tidak membosankan siswa, terutama pada kegiatan berbicara/bercerita di depan kelas. Solusi yang ditawarkan untuk persoalan di atas adalah dengan menggunakan metode Audio Visual Bergerak.
Kata Kunci --Audio Visual, Berbicara
Full Text:
PDFReferences
] Arikunto, S. (2006), Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Ed Revisi. Bumi Aksara: Jakarta.
] Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bumi Aksara: Jakarta.
] Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. Raja GravindoPersada: Jakarta.
] Agustina, 2010. “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dan Minat Belajar Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan(Eksperimen Pada Mahasiswa Kelas X SMK PGRI20 Kecamatan Cibubur Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2009 / 2010)”, Jurnal Pendidikan Pendidikan, Universitas Islam Negeri,2010.
] Abdul. 2014. “Pengaruh Media Belajar Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Mata Pelajaran Pendidikan Pada Materi Dimensi Tiga Tahun Pelajaran 2014”, Jurnal Pendidikan PendidikanUniversitas Negeri, 2014.
] Haryati. 2014. “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil BelajarPendidikanMahasiswaKelasVSDNegeri52KotaBengkuluTahun Pelajaran 2014”, Jurnal Pendidikan Pendidikan Universitas Islam Negeri, 2014.
] Istarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif. Raja Persada: Medan.
] Jurnal Mathematics Paedagogik. 2014. Fakultas Kedosenan dan Ilmu Pendidikan Universitas Asahan
] Sanjaya,W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Prenada Grafindo Persada:Jakarta
] Sudjana. 2005. Metode Statistika. Tarsito: Bandung
Refbacks
- There are currently no refbacks.