Pelatihan Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Perlombaan Debat
Abstract
Abstrak
Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan berbicara siswa melalui perlombaan debat. Permasalahan yang dihapdapi siswa dan guru saat ini adalah masih rendahny keterampilan berbicara siswa dalam kegiatan belajar mengajar maupun pada kegiatan di luar jam belajar. Dengan mengadakan perlombaan debat diharapkan seluruh siswa mengeluarkan pendapatnya dengan bahasa yang baik. Sehingga hal ini akan meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Metode pelaksaan yang dilakukan terdiri dari tiga tahap, yaitu (1) observasi lapangan, (2) tahap pengkajian, dan (3) perencanaan alternatif program. Adapun subjek pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan pada siswa kelas XII-2 IPS SMK Negeri 2 Kisaran. Berdasarkan hasil kegiatan yang dilakukan diketahui bahwa dengan mengadakan pelatihan perlombaan debat dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Sehingga dapat disimpulkan salah satu cara yang paling efektif untuk meningatkan keterampilan berbicara siswa adalah dengan mengadakan perlombaan debat di kelas maupun di luar kelas.
Kata kunci—keterampilan berbicara, debat
Abstract
The Community Service activity is intended to improve students' speaking skills through debate competitions. The problems faced by students and teachers are currently still low. Students' speaking skills in teaching and learning activities outside of learning hours. With a debate competition, it is hoped that all students will express their opinions in good language. Increasing this will improve students' speaking skills. The implementation method consists of three stages, namely (1) field observation, (2) assessment phase, and (3) alternative program planning. When the subject of the implementation of community service activities was carried out for students of class XII-2 IPS at SMK Negeri 2 Kisaran. Based on the results of the activities carried out related to competition training, debates can improve students' speaking skills. Can argue that one of the most effective ways to win students' speaking skills is to conduct debate competitions in the classroom as well as outside the classroom.
Keywords—speaking skills, debate
Full Text:
PDFReferences
]Fatmawati, A., 2012, Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Debat Aktif pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 3 Purwantoro Kecamatan Purwantoro Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012, Thesis, Electronic Theses dan Dissertations Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Kemendikbud, 2018, Data Pokok SMK, psmk.kemdikbud.go.id/datapokok, diakses tanggal 2 November 2018.
Mulyono, H., 2016, Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Inisiasi Debat Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Jurnal Pendidikan Indonesia, No.2, Vol..5, 412–416.
Widarmana, I. G. P., Yudana, I. M., & Natajaya, I. N., 2015, Pengaruh Metode Debat Terhadap Kemampuan Berbicara Dalam Bahasa Inggris Ditinjau dari Espektasi Karir Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas XII SMA N 1 Kerambitan, E-Journal Program Pascasarjana Universitas Ganesha, No.6, Vol.1, 1–11
Refbacks
- There are currently no refbacks.