LANCAR BERHITUNG TANPA MENGAHAFAL MELALUI METODE JARIMATIKA GUNA MENDUKUNG KECERDASAN ANAK DI SD NEGERI NO. 014686 SIDOMULYO GUGUS-IV

Anim Anim, Elfira Rahmadani

Abstract


Abstrak

Pengabdian ini telah dilaksanakan di SD Negeri No. 014686 Sidomulyo Gugus-IV.Kec Pulo Bandring Kabupaten Asahan. Hal yang menjadi masalah pokok sehingga perlu dilakukan pengabdian ini adalah keadaan anak- anak yang semakin kesulitan dalam berhitung, kesulitan dalam menghafalkan perkalian, yang berdampak pada menurunnya semangat dan minat belajar anak. Hal tersebut pula yang melatarbelakangi anak bahkan orang tua menganggap berhitung adalah hal yang sulit dan rumit dan susah, sampai ketahap bosan karena yang mereka kerjakan tidak menemukan solusi. Salah satu faktor yang menjadi sebab masalah tersebut terjadi yaitu belum terciptanya metode pengajaran yang menarik dan tidak membosankan peserta didik, terutama pada pelajaran matematika. Solusi yang ditawarkan untuk persoalan diatas adalah dengan menggunakan metode Jarimatika dalam berhitung. Dengan metode jarimatika yang tepat dapat memberikan visualisasi proses berhitung, menggembirakan anak saat digunakan, tidak memberatkan memori otak dan alatnya gratis, selalu terbawa dan tidak dapat disita. Hasil dan Pembahasan dari pengabdian yang dilakukan siswa lebih aktif dalam pembelajaran dengan metode jarimatika, dan memberi damapak positif pada aspek afektif, kognitif dan perilaku.

 

Kata kunci : Matematika, Perkalian, Jarimatika

 

Abstract

               This service has been carried out at SD Negeri No. 014686 Sidomulyo Gugus-IV. Kec Pulo Bandring Asahan. This is the main problem this service needs to be done is the condition of children who are increasingly difficult in counting, difficulty in memorizing multiplication, which has an impact on decreasing enthusiasm and interest in children's learning. It is also the background of children and even parents consider counting is a difficult and complicated and difficult thing, to the point of being bored because what they are doing is not finding a solution. One of the factors that caused the problem to occur is that the teaching methods that are interesting and not boring for students have not been created, especially in mathematics. The solution offered for the above problem is to use the Jarimatika method in counting. With the right Jarimatika method can provide a visualization of the counting process, encouraging children when used, not burdensome memory of the brain and free tools, always carried away and can not be confiscated. The results and discussion of the service performed by students are more active in the learning method using Jarimatika, and give positive feedback on affective, cognitive and behavioral aspects.  

Keywords: Mathematics, Multiplication, Jarimatika


Full Text:

PDF

References


] Prasetyono, Dwi Sunar, 2008, Memahami Jarimatika Untuk Pemula, Diva Press. Yogyakarta.

] Septi Peni Wulandari. 2008, Jarimatika Penjumlahan dan Pengurangan, Kawan Pustaka, Yogyakarta

] Septi Peni Wulandari. 2008, Jarimatika Perkalian dan Pembagian. Kawan Pustaka, Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.