Pendampingan UMKM Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Masa Pandemi

Yuliani, Laila Dwi Astuti

Abstract


 

Abstrak

Pandemi Covid 19 yang pada awalnya berasal dari Wuhan China dan menyebar dengan sangat cepat ke berbagai belahan negara di penjuru dunia termasuk Indonesia memberikan dampak yang sangat signifikan pada volume penjualan yang diperoleh para pelaku UMKM yang ada di Desa Janti, Kecamatan Papar. Volume penjualan yang menurun disebabkan oleh berbagai sebab misalnya terjadinya penurunan daya beli masyarakat, kebijakan lockdown dan PPKM yang berpengaruh pada mobilitas yang dilakukan oleh masyarakat. Pelaku UMKM yang selama ini masih terpaku pada pola penjualan secara offline, harus segera berbenah diri. Program kemitraan masyarakat ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang pengelolaan manajemen usaha, pentingnya inovasi pada proses produksi, serta menggunakan  media pemasaran secara online untuk memaksimalkan pemasaran atau penjualan. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini adalah terjadinya peningkatan pengetahuan dan pemahaman para pelaku UMKM mengenai pengelolaan manajemen UMKM, serta penggunaan media sosial  (Facebook) dan website desa sebagai media pemasaran. Dengan menggunakan pendekatan yang positif berupa pendekatan partisipasi, reflektif dan inovatif UMKM Klepon diharapkan mampu bersaing dengan jenis usaha-usaha yang lain.

 

Kata kunci—Pendampingan, Volume Penjualan, UMKM,

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bahtiar, R. A., & Saragih, J. P. (2020). Dampak Covid-19 terhadap perlambatan ekonomi sektor umkm. Jurnal Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 7(6).

Elsandra, Y., & Yulianto, A. A. (2013). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Usaha Kecil, Menengah berbasis Industri Kreatif melalui ICT. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 2(1).

Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1). https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Encep Saefullah, Arta Rusidarma Putra, & Tabroni (2021). INOVASI DAN PENGEMBANGAN UMKM EMPING MELINJO PADA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN OPTIMALISASI MEDIA PEMASARAN DAN ALAT PRODUKSI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/article/view/1111


Refbacks

  • There are currently no refbacks.