PENGEMBANGAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENJALANKAN PJJ MENGGUNAKAN TEKNOLOGI DAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING

Yessica Siagian*1, Hommy D. E. Sinaga2, Rizaldi3

Abstract


Abstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru
dalam menjalankan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) melalui penggunaan teknologi dan media
pembelajaran daring. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu guru dalam melakukan
pembelajaran jarak jauh mengingat masa pandemi COVID-19 yang sedang melanda seluruh
dunia, terkhusus di Indonesia pada saat ini, guna mencegah dan memutus mata rantai
penyebaran dari pandemi COVID-19 tersebut, maka pemerintah melalui Mendikbud RI Nadiem
Anwar Makarim mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan
Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Covid-19. Keputusan tersebut berimbas pada kegiatan
pembelajaran di sekolah menjadi pembelajaran di rumah atau pembelajaran jarak jauh.
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan selama 2 (dua) hari yaitu pada tanggal
27 dan 28 Juli 2020 bertempat di ruangan kelas SD Negeri No. 010105, Setia Janji. Metode
yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dengan pendekatan
kolaboratif-pastisipatif dialogis yang berbentuk ceramah, tanya jawab dan diskusi interaktif
untuk penyampaian materi, praktek langsung menggunakan laptop dan HP yang terkoneksi ke
jaringan. Peserta pelatihan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah guru di
SD Negeri No. 010105, Setia Janji. Para peserta menyatakan kegiatan ini sangat bermanfaat
karena menjawab kebutuhan tentang penggunaan teknologi dan media pembelajaran daring
dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.
Kata Kunci: guru, pembelajaran jarak jauh, teknologi, media pembelajaran daring, SD Negeri
No. 010105
Abstract
This community service activity aims to improve teachers' ability to run PJJ (Distance
Learning) through the use of technology and online learning media. This training is expected to
help teachers in doing distance learning considering the COVID-19 pandemic that is sweeping
the world, especially in Indonesia at this time, in order to prevent and break the chain of spread
of the COVID-19 pandemic, the government through the Indonesian Minister of Education
Nadiem Anwar Makarim issued a Joint Decree (SKB) 4 Ministers on Guidelines for The
Implementation of Learning in the Covid-19 Period. The decision has an impact on learning
activities in schools into home learning or distance learning. This community service activity
was carried out for 2 (two) days, namely on July 27 and 28, 2020, in the classroom of SD
Negeri No. 010105, Setia Janji. The method used in this community service activity with a
collaborative-pastisipatif dialogist approach in the form of lectures, Q&A and interactive
discussions for the delivery of materials, direct practice using laptops and HP connected to the
network. The participants of this community service activity are teachers at SD Negeri No.
010105, Setia Janji. The participants stated that this activity was very useful because it
answered the needs about the use of technology and online learning media in the
implementation of distance learning.
Keywords: teacher, distance learning, technology, online learning media, SD Negeri No.
010105


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Sanjaya, Wina, 2010, Strategi

Pembelajaran Berorientasi Standar

Proses Pendidikan, Kencana Prenada

Media Group, Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2014, Pola

Asuh Orangtua dan Komunikasi

Dalam Keluarga, Rineka Cipta,

Jakarta.

Nuryatin, S. (2020). Adaptasi Metode

Pembelajaran Melalui E-Learning

Untuk Menghadapi Era New Normal.

Retrieved from.

Http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5

pdf

Dewi, W. A. F, 2020, Dampak

COVID-19 terhadap Implementasi

Pembelajaran Daring di Sekolah

Dasar, Edukatif : Jurnal Ilmu

Pendidikan, 2(1), 55–61.

Https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.